LIPI: 27 Kandidat Vaksin Covid-19 Hadir Uji Klinis

0
36

Pandangan. com – Sebesar 27 kandidat vaksin Covid-19 lantaran 165 vaksin yang dikembangkan dalam dunia tengah masuk dalam uji klinis tahap 1 sampai 3. Demikian dikatakan peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wien Kusharyoto.

Dalam konferensi pers virtual yang digelar dalam Jakarta, Selasa (28/7/2020), disebutkan bahwa 27 vaksin Covid-19 sudah masuk dalam tahap uji klinis di manusia tahap 1 sampai 3.

Wien menyuarakan target dari pengembangan vaksin merupakan mendapatkan vaksin yang efektif, damai, dan bermanfaat dalam melindungi sebagaian besar masyarakat dari kemungkinan terkena Covid-19.

Dikutip sebab Antara, Wien mengatakan bahwa tantangan lain yang dihadapi saat tersebut dalam vaksinasi Covid-19 adalah memproduksi, mengalokasikan, dan mendistribusikan vaksin jadi bisa diakses seluruh masyarakat negeri.

Wien juga mengutarakan perlu menyakinkan publik, terutama dengan masih antivaksinasi atau memiliki keraguan terhadap vaksin Covid-19.

Jika vaksin Covid-19 sudah terlihat, mereka diharapkan mau menggunakan vaksinasi tersebut.

Saat tersebut, tercatat ada lebih dari 165 vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan di dunia, namun sebagian tinggi masih dalam tahap praklinis.

Vaksin dari AstraZeneca dan Universitas Oxford di Inggris merupakan vaksin yang berbasis chimpanzee adenovirus dan kini akan mengakar uji klinis tahap III

Wuhan Institute of Biological Products Co., Ltd mengembangkan vaksin berbasis virus yang tidak diaktifkan dan saat ini dalam tahap uji klinis III.

Vaksin Sinovac dibanding China juga masuk uji klinis tahap III. Agustus ini rencananya akan mulai uji klinis tahap III di Indonesia. Uji klinis tahap III juga dilakukan dalam Brasil dan Bangladesh.