Pengajar dan Mahasiswa TP Unsyiah Kerjakan Pengabdian Masyarakat

0
271

Suara. com – Di samping memiliki panorama alam berupa gunung dan laut yang begitu indah, ternyata mempunyai produk unggulan yang telah dikenal secara luas. Tidak lengkap agaknya jika melintasi pantai barat Aceh tanpa membawa pulang ikan payau Lhokseudu.

Produk Ikan Asin tersebut dijajakan secara biasa di pinggir jalan oleh ibu-ibu yang tergabung dalam beberapa gerombolan usaha industri berskala rumah tangga.

“Sejak Juli 2019, Tim Pengabdian Kepada Umum Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala dengan terdiri-dari: Mustaqimah, S. TP., M. Sc, Raida Agustina, S. TP., M. Sc, Diswandi Nurba, S. TP., M. Si dan Dr. Muhammad Yasar, S. TP., M. Sc telah melakukan pembinaan, pendampingan, dan perbaikan teknologi melalui kesibukan Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPUD), ” kata Dr. Muhammad Yasar, S. TP., M. Sc, Sabtu (15/08/2020)

Menurut Mustaqimah sebagai ketua Tim Pelaksana, kegiatan hari ini merupakan kelanjutan sejak rangkaian aktivitas yang dilakukan semenjak 2019 lalu. Hari ini kita memberikan sosialisasi Mutu dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). Kita juga akan membantu kaum binaan untuk mengurus perihal perizinan termasuk label halal.

Mewakili masyarakat binaan, Suhaimi menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama ini sangatlah bermanfaat.

“Disamping itu kami serupa berharap kepada tim Unsyiah ini agar membantu kami dari aspek pemasaran juga. Selama ini ana masih memasarkan produk secara formal, semoga kami juga dibina biar masuk ke sistem pemasaran dengan lebih modern, ” pungkasnya

Turut serta dalam kegiatan tersebut dosen senior Teknik Pertanian Unsyiah Dr. Devianti, S. TP, MP dan Dr. Ramayanty Kamar, ST, M. Si beserta mahasiswa yang sedang melakukan kajian tugas akhir berkaitan dengan alat serta mesin Pertanian serta penanganan & pengolahan hasil Pertanian.