Studi: Masker Berbahan Sutra Lebih Efektif Tangkal Virus Corona

0
88

Suara. com porakporanda Saat memilih kain untuk membuat masker wajah rekaan sendiri untuk melindungi dari virus corona, ternyata sutra lebih tertib daripada katun.

Terlebih bila digunakan bersama dengan cara bantu pernapasan, menurut sebuah menuntut baru dari para peneliti dengan University of Cincinnati.

Dalam analisis tentang macam kain apa yang terbaik masa membuat masker buatan sendiri, sutra disebut menjadi yang terbaik.

Para peneliti mengatakan benih ini tidak hanya nyaman namun juga bernapas dan menolak kelembapan – sebuah “sifat yang diinginkan dalam memerangi virus di udara.

Ilustrasi kain sutra (Pixabay)

Sutra mengandung sifat antimikroba, antibakteri dan antivirus alami & bila digunakan dalam konjugasi dengan respirator, dilakukan serupa dengan masker bedah, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos One.

Para peneliti mencatat kalau banyak petugas kesehatan memakai masker bedah di atas respirator N95 mereka dalam upaya melindungi itu dan memperpanjang umur N95.

Temuan mereka menunjukkan kalau masker sutra mungkin merupakan pilihan yang sama efektifnya dengan masker bedah dalam skenario ini, karena pasokan masker bedah terbatas, logat mereka.

Bertambah khusus lagi, tembaga yang ditemukan dalam sutra terbukti bermanfaat zaman menggunakan bahan ini untuk membina masker wajah.

‚ÄúTembaga adalah kegemaran besar sekarang. Sutra mengandung tembaga di dalamnya. Ngengat sutra rumahan memakan daun mulberry. Mereka memasukkan tembaga dari makanan mereka ke dalam sutra, “kata Patrick Guerra, asisten profesor biologi di Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan Universitas Cinncanti.

Ia mencatat bahwa penelitian sebelumnya menunjukkan tembaga memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri serta virus setelah kontak.