Jokowi Kunker di Kalteng saat Mahasiswa Demo di Dekat Istana, Ini Kata KSP

0
73

Pandangan. com – Gaya Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Donny Gahral Adian, mengklaim daftar kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kalimantan Tengah sudah diagendakan sejak lama.

Hal itu disampaikan Donny sekaligus membantah tudingan sejumlah pihak dengan menganggap kunjungan Jokowi ke Kalimatan Tengah untuk menghindari aksi presentasi yang dilakukan mahasiswa karena menentang UU Cipta Kerja di depan Istana Kepresidenan, Kamis (8/10/2020).

“(Agenda ke Kalimantan Tengah), itu sudah diagendakan periode jadi tidak ada hubungan dengan demonstrasi. Presiden sekarang ke Kalimantan untuk kunjungan kerja, ” perkataan Donny saat dihubungi Suara. com, Kamis (8/10/2020).

Diketahui Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah untuk meninjau kembung pangan atau Food Estate dan memberikan Banpres Produktif kepada UMKM.

Sementara itu dalam saat yang bersamaaan, ratusan anak sekolah dan mahasiswa menggelar demonstrasi menegah UU Omnibus Law di depan Istana Kepresidenan Jakarta.

Donny mempersilakan pihak-pihak termasuk mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi dengan presentasi dengan cara yang damai.

Namun ia meminta biar para demonstran tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah potensi penyebaran Covid-19.

“Demonstrasi hak demokrasi tidak ada masalah. Jadi ya silakan selalu, sejauh dilaksanakan dengan damai, adat kesehatan dijalankan, ” katanya.

Aksi Memanas

Ulah demonstrasi yang dilakukan pelajar serta mahasiswa memanas.

Ratusan mahasiswa dan pelajar yang mengimplementasikan aksi tolak Omnibus Law Cipta Kerja terlibat bentrok dengan amtenar kepolisian di kawasan Patung Pedati, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2020) siang.

Bentrok tersebut berawal saat sebesar pendemo diduga pelajar melempar kurang ajar dan botol kemasan air mineral ke barikade aparat.

Buntut dari hal itu, abdi lalu membalas dengan menembakan udara air mata ke arah para demonstran.