Kemujaraban Vaksin Sinovac di Atas Periode Batas 50 Persen

0
87

Suara. com – Tingkat kemanjuran vaksin Sinovac buat melawan pandemi Covid-19 berhasil melewati ambang batas 50 persen pada uji klinis di Brasil, demikian diwartakan Wall Street Journal Selasa (22/12/2020).

Para ilmuwan yang terlibat dalam uji klinis dalam Brasil mengatakan bahwa tingkat efikasi vaksin Sinovac, yang bernama CoronaVac itu, sudah memenuhi syarat ambang batas yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) dan para ilmuwan internasional. Karenanya vaksin Sinovac dinilai layak menerima izin penerapan darurat.

Meski demikian mereka menolak menjelaskan bertambah detail berapa persen tingkat kemujaraban vaksin Sinovac tersebut, yang tes klinis fase 3-nya di Negeri brazil rampung pada minggu lalu.

Brasil adalah negara perdana yang merampungkan uji klinis periode 3. Selain di Brasil, vaksin Sinovac juga diuji di Indonesia dan Turki.

Baca Juga: Keterangan BPOM: Info Vaksin Sinovac Paling Lemah Tidak Benar

Lebih lanjut, beberapa ilmuwan yang mengikuti perkembangan vaksin Sinovac pada Brasil mengatakan mereka yakin kalau CoronaVac memiliki tingkat efikasi yang bisa dibandingkan dengan vaksin asing buatan Barat yang berada dalam angka 95 persen.

“Semua orang berharap tingkat efikasinya di atas 90 persen. Hasil dari uji klinis fase pertama sangat bagus, ” kata Domingos Alves, dosen dan pakar penyelidikan data kesehatan pada Ribeirao Preto Medical School di Sao Paulo.

Butantan Institute, lembaga riset yang disokong oleh pemerintah daerah Sao Paulo yang telah menguji vaksin Sinovac di Brasil, kabarnya akan mengumumkan hasil tes klinis vaksin tersebut pada Rabu (23/12/2020).

Tetapi sampai Senin kemarin (21/12/2020), Butantan menegaskan bahwa informasi apa pula terkait vaksin Sinovac di Negeri brazil yang disampaikan oleh pihak lain adalah spekulasi.

Baca Juga: Ini Perbedaan Vaksin Sinovac, Pfizer, dan Moderna