Relasi dengan Pemudik dari DKI, Bocah 6 Tahun Asal Pandeglang Meyakinkan Covid

0
377

SuaraBanten. id – Seorang anak laki-laki berusia 6 tahun asal Kecamatan Kadu Hejo, Kabupaten Pandeglang, dinyatakan positif Corona. Pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) itu tertular dari seorang pemudik lantaran Jakarta.

Anak itu menjadi orang ke lima pada Kabupaten Pandeglang yang dinyatakan nyata Corona.

Juru Cakap (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pandeglang Ahmad Sulaeman, mengatakan anak tersebut menjadi penderita anak pertama di Pandeglang dengan terkonfirmasi positif. Diketahui, pasien tersebut tertular setelah kontak dengan anak obat OTG yang tak lain adalah pemudik dari Jakarta.

“Pasien ini adalah OTG berumur 6 tahun laki-laki dan ini pasien anak pertama di Pandeglang. Dari informasi yang kita dapatkan anak ini tertular dari OTG yang dari Jakarta. Ada kontak dengan OTG mudiker, ” cakap Sulaeman dalam keterangannya, Sabtu (6/6/2020).

Pria yang dekat disapa dr Sule ini melahirkan, pasien OTG ini terungkap setelah pihak keluarga melaporkan kepada pihak Puskesmas Kadu Hejo jika anaknya sempat kontak dengan pemudik.

Setelah diperiksa anak itu diketahui positif, Sayang Tim Gugus tak sempat melakukan pemeriksaan terhadap OTG pemudik tersebut, lantaran sudah kembali ke Jakarta.

“Keluarganya lapor diri ke pihak PKM (Kadu Hejo), kalau abis kontak dengan orang Jakarta. (OTG Pemudik diperiksa) karena sudah kembali, ” terangnya.

Untuk saat ini pasien itu masih melakukan isolasi mendiri. Awak Gugus akan melakukan tracking di anggota keluarga yang lain yang sempat kontak dengan OTG itu. Ia berharap warga Pandeglang langsung menerapkan protokol kesehatan guna menghalangi penyebaran virus Corona.

“Selanjutnya tentu akan dilakukan tracking terhadap beberapa anggota keluarga yang sempat kontak dengan OTG asal Jakarta ini dan apabila ada gejala yang mengarah pada covid-19, akan dilakukan pemeriksaan lebih tinggi, ” tandasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan petunjuk Tim gugus tugas Pandeglang sejauh jumlah orang terkonfirmasi positif pada Kabupaten Pandeglang sebanyak 5 karakter. Diantaranya satu orang meninggal, perut orang sembuh dan dua karakter masih dirawat. Sedangkan Pasien di dalam pengawasan (PDP) sebanyak 33 karakter, diantaranya 19 orang sembuh, 4 orang masih dirawat dan 10 orang meninggal dunia.

Kontributor: Saepulloh