Ricky BM, Bobotoh yang Sukses Oleh karena itu Pengusaha Keripik

0
76

Bahana. com – Nama Ricky Bagja alias Ricky BM kini dikenal di Bandung sebagai pengusaha keripik yang sukses. Padahal saat merintis karier, lajang 31 tahun ini mengaku mengalami banyak cobaan.

Ricky BM mengaku mulai menjual keripik yang ia beri nama Moring Bagja saat duduk di bangku SMA di Bandung apda 2006. Keripik itu ia buat hanya secara bermodalkan terigu, telur ayam serta merica.

“Jualan kripik itu awalnya pas SMA pada Cimahi, saya jualan kripiknya dibanding rumah ke rumah dengan perjuangan, ” kenang Ricky BM, masa ditemui baru-baru ini.

Saat itu, Ricky BM menjual keripiknya dari pintu kepintu. Dia pun kerap mengalami berbagai pukulan. Misalnya kehujanan hingga kerupuk yang dijualnya terkena air hujan hingga tak layak jual.

“Perjuangan saya nggak jauh beda dari kisah di sinetron. Selepas SMA masih jualan kripik, zaman naik motor, keripiknya di taruh di keranjang gitu, lalu jualan dari rumah ke rumah. Kadang-kadang, kehujanan, kebasahan juga keripiknya, adem ayem. Apapun usaha yang kita kerjakan ada risikonya dan pastinya harus melalui perjuangan, ” ujar Ricky BM.

Baca Juga: Didakwa Penipuan, Pengusaha Restoran Dapat Hukuman Penjara Ribuan Tahun

Dengan usaha yang ulet dan pantang menyerah, usaha keripik Ricky BM pun perlahan berkembang.

“Mau usaha sendiri, harus kenyal, mau melakukan segala sesuatunya tunggal. Didukung keluarga juga, semasa belajar kripiknya menemukan sistem penjualan yang lebih efektif, ” ungkap Ricky BM.

Selain bisnis keripik, Ricky BM Pula kini memiliki usaha barber shop yang tersebar di sejumlah wilayah. Kini, bobotoh Persib ini memiliki omzet sebesar Rp 30 juta setiap bulannya.

Baca Juga: Intip Potret Maharani, Pengusaha yang Bagikan Sembako Isi Uang

Telah meraih sukses, Ricky BM pun bercita-cita mensejahterakan masyarakat dibanding kampungnya di Sumedang. Ricky ingin membuka sejumlah tempat usaha di sana agar bisa membuka lowongan pekerjaan.

“Saya ingin mensejahterakan warga Sumedang. Ya dengan membuka beberapa wadah usaha lagi, saya ingin bisa memberikan lapangan pekerjaan seluas-luasnya pada masyarakat. Membantu mereka yang kemaluan pekerjaan dan yang mau belajar. Kuncinya harus konsisten, rajin, dan tahan banting, ” ucap Ricky.
Data HK