Bagian Stimulus Uni Eropa Dongkrak Harga Minyak Dunia

0
58

Bahana. com – Makna minyak dunia naik dipicu sentimen positif yang ditimbulkan dari kesepakatan paket stimulus para pemimpin negara-negara Uni Eropa.

Mengutip CNBC, Rabu (22/7/2020) harga patra West Texas Intermediate (WTI) buat pengiriman Agustus 2020 naik 1, 15 dolar AS menjadi 41, 96 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sedangkan harga patra WTI untuk pengiriman September 2020 meningkat 1 dolar AS menjelma 41, 92 dolar AS mulai barel.

Harga patra mentah Brent untuk pengiriman September 2020 menanjak 1, 04 dolar AS menjadi 44, 32 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Setelah melalui negosiasi panjang, para-para pemimpin dari 27 negara anggota Uni Eropa mencapai kesepakatan buat meluncurkan paket stimulus senilai 750 miliar euro, atau sekitar Rp 11. 010 triliun, untuk menebus kondisi perekonomian yang terdampak pandemi virus Corona (COVID-19).

Untuk jangka panjang, paket stimulus dianggarkan mencapai 1 triliun euro. Peluncuran paket stimulus memunculkan optimisme peningkatan permintaan minyak mentah.

Harga minyak mendapat sokongan setelah tiga kelompok mengatakan daya vaksin mereka menunjukkan hasil dengan menjanjikan.

Vaksin virus corona eksperimental yang dikembangkan AstraZeneca dan Universitas Oxford Inggris dinilai cukup aman dan menghasilkan respons kekebalan dalam uji klinis tahap awal, data menunjukkan, mengelola harapan bisa digunakan pada akhirusanah.

Lebih dari 150 kemungkinan vaksin berada dalam berbagai tahap pengembangan dengan pabrikan obat Amerika, Pfizer, dan CanSino Biologics China juga melaporkan respons meyakinkan untuk kandidat mereka.